Press "Enter" to skip to content

Beberapa Alasan Kenapa Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk

Sabung Ayam Online – Pernahkah kalian melihat ayam aduan yang kurus, walapun makan banyak dan diberi obat tetap kurus. Ayam aduan kurus merupakan masalah yang sering dialami para peternak ayam aduan.

Untuk diketahui jika ayam yang kurus disebabkan oleh beberapa faktor, memiliki ayam aduan yang memiliki ukuran dan badan yang kurus pasti akan menjadi masalah yang serius dan mesti segera diatasi agar ayam memiliki tubuh yang ideal seperti yang kita harapkan.

Beberapa Alasan Kenapa Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk

1. Ayam Cacingan

Penyebab yang paling utama mengapa ayam kurus adalah disebabkan karena ayam cacingan. Cacingan adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit yang menyerang bagian usus pada ayam. Ciri yang paling kelihatan jika ayam cacingan yakni badan ayam akan kurus, bulu kusam dan pertumbuhan ayam menjadi lambat. Cacingan adalah salah satu penyebab mengapa ayam aduan kurus dan susah gemuk. Cara mengatasi ayam cacingan dapat dilakukan dengan cara memberikan obat cacing atau bisa juga dengan memberikan ramuan herbal dari buah pinang.

2. Pakan Kurang Gizi

Kurang gizi merupakan kemungkinan yang masuk akal mengapa ayam aduan kurus. Gizi ayam bisa dipenuhi dengan pakan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan ayam. Sebagai peternak yang bijak sebaiknya kita melakukan kombinasi pakan dan tidak hanya berpatok pada jagung, jagung dan jagung secara terus-terusan dan cobalah sesekali memberikan pakan berupa nasi, beras, konsentrat, sayur-sayuran supaya kebutuhan gizi pada ayam dapat terpenuhi. Kemudian lebih baik jika kita memberikan jamu untuk ayam agar ayam lebih sehat.

3. Faktor Keturunan

Salah satu faktor yang mempengaruhi ukuran ayam aduan adalah faktor keturunan yang artinya bawaan sejak lahir yang diturunkan oleh pacek dan babon ayam. Keturunan sangat mempengaruhi struktur teknik, fisik, bakat dan kecerdasan ayam aduan. Contohnya pacek dan induk ayam yang berukuran kecil (tipis) kemungkinan besar struktur fisiknya akan menuruk terhadap keturunannya.

4. Ayam Terlalu Aktif

Ayam yang terlalu aktif bergerak juga bisa menyebabkan ayam menjadi kurus dan susah gemuk, alasannya karena pembakaran lemak pada ayam yang aktif akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayam yang malas bergerak. Solusi untuk menggemukan ayam seperti ini yakni dengan cara dikandang pada kandang box dan kemudian diberikan pakan yang maksimal.

5. Proses Perkawinan

Proses perkawinan sangat berpengaruh terhadap bentuk dan ukuran ayam. Perkawinan berdampak buruk pada ayam jago yang masih muda, hal ini dikarenakan pada masa ini bisa dibilang ayam jago masih dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi hal ini juga bisa terjadi terhadap ayam dewasa, umumnya pada ayam yang sedang kawin akan kehilangan nafsu makan dan mereka lebih tertarik untuk memamerkan makanan yang diberikan kepada ayam betina dan membiarkan dimakan oleh ayam betina.

6. Struktur Tulangan

Struktur tulangan memiliki pengaruh terhadap ayam susah gemuk dan masih dipertanyakan untuk bobotoh. Sebagian orang menganggap bahwa ayam yang memiliki tulangan kecil memang tidak bisa gemuk. Cara melihat dan membedakan tulangan ayam yaitu dengan cara melihat ukuran kaki pada ayam, jika berukuran kecil maka disebut struktur tulangan kecil dan sebaliknya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai Beberapa Alasan Kenapa Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Salam Bandarsabung.net Terima kasih

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.