Press "Enter" to skip to content

9 Macam Penyakit pada Ayam ternak Bag.1

Sabung Ayam Online – Kali ini penulis akan membahas Macam Macam Penyakit pada Ayam ternak yang sering menyerang budidaya Ayam Ternak . Karena seperti kita ketahui ya sobat, dalam usaha apapun tak terlepas dari kendala dan halang rintang, termasuk pada usaha budidaya.

Diantaranya antara lain serangan penyakit pada Ayam ternak . Dengan mengetahui jenis penyakit pada Ayam Ternak yang sering menyerang budidaya Ayam Ternak maka sobat dapat dengan mudah untuk mencegah dan mengatasinya. Berikut selengkapnya.

1. Penyakit pada Ayam Ternak Radang Usus ( Quail Enteritis )

penyebab
Penyakit pada Ayam Ternak Radang usus ( Quail Enteritis ) disebabkan oleh bakteri anerobik yang membentuk spora pada kotoran dan menyerang usus, sehingga timbul peradangan pada usus.
gejala

Gejala Ayam ternak jika terserang penyakit pada Ayam Ternak puyuh radang usus antara lain, Ayam ternak terlihat lesu, mata tertutup, dan bulu nampak kusam.

cara pengobatan
Cara untuk mengobati dan menyembuhkanantara lain dengan lebih memperhatikan pemeliharaan pada kandang dan pada Ayam ternak puyuh, serta pisahkan Ayam ternak yang sehat dan sakit.

2. Tatelo (NCD / New Casstle Diseae)

penyebab
talelo disebabkan karena virus yang menyerang atau karena cuaca ekstrim dan daya tahan tubuh Ayam ternak yang menurun.
gejala
Gejala Ayam ternak terserang penyakit pada Ayam ternak tatelo antara lain Ayam Ternak susah bernafas, batukbatuk , bersin, Ayam ternak mengeluarkan bunyi seperti ngorok, lesu, mata ngantuk, kadang berdarah, tinja encer berwarna kehijauan, dan ciri yang mudah di ketahui dari gejala ini antara lain kepala memutar mutar tak menetu dan lumpuh.

cara pengobatan
Cara untuk mengobati dan menyembuhkannya dengan menjaga kebersihan dan membersihkan peralatan yang terkena virus, Ayam Ternak yang mati segera dibuang dan dikubur jauh dari lokasi pembudidayaan. Serta mencegah tamu yang masuk ke kandang, usahakan harus steril.

3. Berak Kapur/Putih (Pullorum)

penyebab
Penyakit pada Ayam Ternak Berak Kapur/ Putih (Pullorum) disebabkan oleh kuman Salmonella Pullorum dan merupakan penyakit pada Ayam Ternak yang menular.

gejala
Gejala antara lain kotoran AYam ternak berwarna putih, nafsu makan hilang, sesak nafas, bulubulu mengerut dan sayap menggantung.

cara pengobatan
Cara untuk mengobati dan menyembuhkan sama seperti cara untuk mengobati dan menyembuhkanpenyakit pada Ayam ternak totelo, kebersihan harus dijaga, buang dan kubur Ayam ternak yang terserang penyakit pada Ayam ternak jauh dari kandang, dan hindari tamu yang masuk ke kandang.

4. Berak Berdarah (Coccidiosis)

penyebab
disebabkan karena keracunan makanan atau karena lingkungan kurang bersih yang berintraksi dengan kuman penyakit.

gejala
Gejalanya antara lain tinja berdarah dan mencret, nafsu makan berkurang, bulu kusam, dan menggigil kedinginan.

cara pengobatan
Cara cara untuk mengobati dan menyembuhkannya dengan menjaga kebersihan dan litter tetap kering. Jika sudah terserang berikan Tetra Chlorine, Noxal, atau trisula zuco tablet yang di larutkan ke air minum.

5. Cacar Ayam ternak (Fowl Pox)

penyebab
Penyakit pada Ayam ternak ini disebabkan oleh Poxvirus yang menyerang bangsa Ayam ternak semua umur dan semua jenis Ayama ternak .

gejala
Gejalanya antara lain timbul kopengkopeng pada bagian yang tidak berbulu, seperti kaki, mulut dan farnik yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah.

cara pengobatan
Cara cara untuk mengobati dan menyembuhkanantara lain dengan pemberian vaksin dipteria dan memisahkan Ayam ternak
yang terinfeksi.

Bersambung Bag.2

 

Demikianlah ulasan mengenai 9 Macam Penyakit pada Ayam ternak Bag.1, yang bisa tim Sabung Ayam Online berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ayam aduan kesayangan anda. Salam hangat Bandarsabung.com

Be First to Comment

Leave a Reply

Copyright Bandar Bola BANDAR303 2018 - All Right Reserved . Bandarsabung menyajikan tips, trik dan informasi terkait dengan Sabung Ayam Online.